KHASIAT BUAH-BUAHAN

Catat, 6 Buah-buahan ini Walau Manfaatnya Luar Biasa Tapi Tidak ... 
    Makanan adalah salah satu faktor yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. tanpa makanan mustahil seseorang itu dapat melakukan segala aktifitas kehidupan. 
makanan sehat dibutuhkan oleh tubuh supaya tubuh senantiasa dalam kondisi sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit. 
    Makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi syarat kjesehatan diantaranya yaitu makanan yang cukup mengandung zat-zat gizi penting untuk tubuh. 
    Berdasarkan kandungan zat gizinya , ada tiga kelompok makanan sehat yang ketiga-tiganya dianjurkan harus ada dalam menu harian kita. kelompok tersebut yaitu makanan sumber zat pengatur. 
    Makanan sumber zat tenaga adalah makanan yang banyak mengandung zat gizi karbohidrat dan lemak (makanan pokok seperti nasi, jagung, tepung-tepungan, minyak dll) yang berfungsi untuk menghawsilkan tenaga. Makanan sumber zat pembangun adalah makanan yang banyak mengandung zat gizi protein (lauk hewani dan lauk nabati) yang berfungsi untuk pertumbuhan, pembangunan sel-sel tubuh. makanan sumber zat pengatur adalah makanan yang bvanyak merngandung zat gizi vitamin dan mineral (sayuran dan buah-buahan) y7ang berfungsi mengatur organ-organ tubuh supaya dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 
    Buah-buahan sebagai zat pengatur merupakan komoditi pertanian yang mudah rusak, tidak dapat disimpan lama, cepat membusuk dan mudah diserang hama maupun penyakit. Pada saat musim panen, distribusi pemasaran buah-buahan memerluykan waktu yang relatif lama dari produsen ke konsumen. Untuk penanganan buah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kerusakan dan mengatasi kelebihan produksi adalah dengan melakukan pengolahan pada buah. Dengan mengolahnya menjadfi berbagai macam produk maka daya simpan menjadi lebih lama dan jangkauan pemasarannya lebih luas. Hal ini memungkinkan pada saat bukan musiomnya kita masih dapat menikmati cita rasa buah sesuai dengan cita rasa buah segarnya.

Referensi: 
Buku varian olahan buah-buahan (Ugan T.Aceng) 


Comments

Popular posts from this blog

PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN TANPA KATA MALES!

JAWABAN MENGENAI MATERI PUISI PADA SASTRA INDONESIA

WACANA DALAM KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA